• 12 November 2016
  • |
  • 2431 Komentar
  • |

Curug Cigamea terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dari ibukota Jakarta juga lokasinya yang masih cenderung jauh dari hiruk pikuk keramaian kota dan kemacetan (karena memang lokasinya berada di lereng kaki gunung Salak), membuat lokasi wisata ini menjadi salah satu destinasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Terlebih jika di banding daerah puncak Bogor yang selalu macet dan sangat ramai.

Oke, kita mulai ulasannya.
Bila kita ingin menggunakan angkutan umum, maka dapat memulai perjalanan dari Terminal Baranangsiang dengan menaiki angkot 03 jurusan Bubulak, atau jika menggunakan kereta commuter line setelah turun di stasiun Bogor kita bisa langsung menaiki angkot 03 jurusan Bubulak, dilanjut lagi dengan angkot jurusan Leuwiliang.
Turun di pertigaan Cibatok, lalu naik angkot lagi jurusan Gunung Picung dan turun di perhentian terakhir. Dari sini, sebaiknya kita naik ojek karena dari sini sudah tak ada lagi angkutan umum menuju tempat wisata air terjun.

Atau jika menggunakan kendaraan pribadi, setelah sampai di Bogor (sebelum memasuki kota Bogor) kita ambil ke kanan ke arah Tanah Sareal, lurus terus menuju Dramaga, masih tetap lurus sampai pertigaan Leuwiliang, baru ambil kiri. Ikuti jalan itu terus sampai di gerbang Gunung Salak Endah (GSE).

Keadaan jalan menuju Gunung Salak Endah (GSE)

Gerbang GSE

 

phbd2016 Indonesia


Desa Gunungsari merupakan desa yang berada didaerah pegunungan tepatnya berada di kaki Gunung Salak, oleh karena itu dinamakanlah Desa gunungsari, artinya desa yang indah dan subur, dengan harapan sari atau inti dari segala keindahannya dapat dinikmati oleh warga desa Gunungsari.